Kristus

Proses dari seri tentang
Yesus Kristus

Title jesus.jpg

Nama dan julukan
YesusKristusMesiasIsa AlmasihJuruselamat

Yesus Kristus dan Kekristenan
KronologiKelahiranSilsilah
PembaptisanPelayananMukjizat
PerumpamaanPerjamuan Paling yang belakang sekaliPenangkapan
PengadilanPenyalibanKematian
PenguburanKebangkitanKenaikan
Kedatangan keduaPenghakiman

Nasihat utama Yesus Kristus
MesiasKotbah di Bukit
Doa Bapa KamiHukum Kasih
Perjamuan MalamAmanat Mulia

Orientasi terhadap Yesus
Orientasi Kristen
Orientasi Islam
Orientasi Yahudi
Yesus dalam sejarah
Yesus dalam karya seni

The oldest known icon of Christ Pantocrator - Saint Catherine's Monastery. The two different facial expressions on either side emphasize Christ's dual nature as both divine and human.[1][2]

Kristus (bahasa Yunani Lawas: Χριστός, Khristós, berarti 'yang diurapi') yaitu terjemahan untuk bahasa Ibrani מָשִׁיחַ (Māšîaḥ), Mesias, dan dipakai menjadi gelar untuk Yesus di dalam Akad Baru.[3]

Pengikut Yesus dinamakan menjadi orang Kristen (dari ucap sifat bahasa Belanda Christen, pengikut Kristus) pertama kalinya di dalam Kisah 11:26, karena mereka percaya bahwa Yesus yaitu sang Mesias yang dinubuatkan di dalam Alkitab Ibrani – oleh karenanya pengikut Yesus menyebut Yesus menjadi Yesus Kristus, yang berarti Yesus, "sang Khristós", berarti "Yesus, Yang Diurapi".[4] Dalam pemakaian umum – bahkan di kalangan sekuler – "Kristus" biasanya disinonimkan dengan Yesus orang Nazaret.[5]

Oleh biasanya orang Yahudi (Yesus sendiri yaitu seorang rabi Yahudi), Yesus tidak diasumsikan menjadi Mesias mereka.[6] Bahkan Injil Kanonikal mencatat tentang beberapa peristiwa Penolakan atas Yesus. Walaupun dmeikian orang-orang Kristen Nicea menunggu Kedatangan Kedua Yesus Kristus yang hendak menggenapi sisa nubuatan Mesias Kristen.

Bidang teologi Kristen yang mempelajari tentang natur dan kehidupan Yesus Kristus dinamakan menjadi Kristologi, seperti yang tercatat dalam keempat Injil dan surat-surat di dalam Akad Baru.[7]

Etimologi

Ucap Kristus berasal dari bahasa Yunani "Christos" (Χριστός) yang berarti "yang diurapi", artinya dituangi minyak di kepalanya. Pengurapan biasa dilaksanakan di kalangan bangsa Israel menjadi tanda bahwa orang yang diurapi itu mendapatkan kedudukan atau kedudukan khusus. Misalnya, Saul dan Daud masing-masing diurapi menjadi raja Israel oleh Samuel (1 Samuel 10:1, 16:13).

Kristus yaitu salah satu gelar yang diberikan kepada Yesus, karena orang Kristen perdana percaya bahwa Yesus yaitu sang Juru Selamat (Mesias) yang dijanjikan sejak masa Akad Lama.

Dalam versi-versi Alkitab bahasa Indonesia, sebutan Christos ada waktu untuk didefinisikan menjadi: Almaseh (BABA); Almasih (KL1870, SB); Elmesehh (LDKR); Kristoes (KL1863), dan Kristus (TB, BIS, TL, FAYH, WBTC, ENDE). Sedangkan ucap Messias ada waktu untuk didefinisikan menjadi al-Baru saja (KL1863); Almasih (KL1870); Djoeroe-Slamat (KL1863); Elmesehh (LDKR); Masehi (SB); Masiha (BABA); Mesias (TB, BIS, FAYH, WBTC, ENDE); Messias (TL); dan Raja Orang yang menyelamatkan (BIS).

Penggunaan Kristus dalam keempat Injil

Pada waktu itu orang Yahudi mengetahui Yesus diberi julukan Kristus, tetapi mereka tidak meyakininya dan bahkan mengolok-olok Yesus:

Kemudian mereka meludahi muka-Nya dan meninju-Nya; orang-orang beda memukul Dia, dan berkata: "Cobalah katakan kepada kami, hai Mesias, siapakah yang memukul Engkau?"
Demikian juga imam-imam kepala bersama-sama ahli Taurat mengolok-olokkan Dia di selang mereka sendiri dan mereka berkata: "Orang beda Dia selamatkan, tetapi diri-Nya sendiri tidak dapat Dia selamatkan! Baiklah Mesias, Raja Israel itu, turun dari salib itu, agar kita lihat dan percaya." Bahkan kedua orang yang disalibkan bersama-sama dengan Dia mencela Dia juga.

Yesus yang dinamakan Kristus

Matius, dalam genealogi Yesus, menyebut bahwa Yesus inilah yang dinamakan Kristus

Yakub memperanakkan Yusuf suami Maria, yang melahirkan Yesus yang dinamakan Kristus

Sementara Yohanes menyuratkan bahwa Kristus berasal dari keturunan Daud dan dilahirkan di Betlehem

Karena Kitab Suci menyebutkan, bahwa Mesias berasal dari keturunan Daud dan dari kampung Betlehem, tempat Daud dahulu tinggal." (Isa anak Maryam dilahirkan di kampung Betlehem)

Pengakuan murid-murid Yesus

Ketika Andreas bertemu dengan Simon Petrus, dia menyampaikan bahwa dia telah menemukan Kristus.

Andreas mula-mula bertemu dengan Simon, beradik-berkakaknya, dan dia berkata kepadanya: "Kami telah menemukan Mesias (artinya: Kristus)."

Petrus, mewakili keduabelas rasul, mengakui bahwa Yesus yaitu Kristus

Yesus berwawancara kepada mereka: "Menurut kamu, siapakah Saya ini?" Jawab Petrus: "Mesias dari Allah."

Beda daripada keduabelas rasul, pengikut Yesus yang beda juga mengakui bahwa Yesus yaitu Kristus

Jawab Marta: "Ya, Tuhan, saya percaya, bahwa Engkaulah Mesias, Anak Allah, Dia yang hendak masuk ke dalam lingkungan kehidupan."

Orangtua orang buta yang matanya disembuhkan oleh Yesus takut mengakui bahwa Yesus yaitu Kristus karena ancaman orang-orang Yahudi

Orang tuanya berkata demikian[8], karena mereka takut kepada orang-orang Yahudi, sebab orang-orang Yahudi itu telah sepakat bahwa setiap orang yang mengaku Dia menjadi Mesias, hendak dikucilkan.

Pengakuan beda

Pemberitaan para malaikat tentang kelahiran Yesus kepada para gembala

Hari ini telah kelahiran untukmu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud.

Tidak seberapa orang yang bimbang satu sesuai beda apakah Yesus benar-benar Kristus

Dan lihatlah, Dia berkata dengan leluasa dan mereka tidak menyebutkan apa-apa kepada-Nya. Ada-adanya pemimpin kita benar-benar sudah kenal, bahwa Dia yaitu Kristus?
Tetapi di selang orang banyak itu ada banyak yang percaya kepada-Nya dan mereka berkata: "Apabila Kristus masuk, ada-adanya Dia hendak mengadakan bertambah banyak mujizat dari pada yang telah disediakan oleh Dia ini?"

Ketika Yesus mengusir setan-setan, mereka keluar sambil mengaku bahwa Yesus yaitu Kristus.

Dari banyak orang keluar juga setan-setan sambil berteriak: "Engkau yaitu Anak Allah." Kemudian Dia dengan keras melarang mereka dan tidak memperbolehkan mereka berkata, karena mereka kenal bahwa Dia yaitu Mesias.

Kesaksian Yesus tentang diri sendiri

Dalam beberapa kesempatan, Yesus mengaku menjadi Kristus, dan satu kali dia menyebut dirinya sendiri dengan frasa "Yesus Kristus"

Jawab perempuan itu kepada-Nya: "Saya kenal, bahwa Mesias hendak masuk, yang dinamakan juga Kristus; apabila Dia masuk, Dia hendak memberitakan segala sesuatu kepada kami." Ucap Yesus kepadanya: "Akulah Dia, yang baru saja berkata-kata dengan engkau."
Inilah hidup yang abadi itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang ada, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus.
Di situ mereka mulai menuduh Dia, katanya: "Telah kedapatan oleh kami, bahwa orang ini menyesatkan bangsa kami, dan melarang membayar pajak kepada Kaisar, dan tentang diri-Nya Dia menyebutkan, bahwa Dia yaitu Kristus, yaitu Raja."
Tetapi Dia tetap diam dan tidak menjawab apa-apa. Imam Besar itu berwawancara kepada-Nya sekali kembali, katanya: "Apakah Engkau Mesias, Anak dari Yang Terpuji?"
Jawab Yesus: "Akulah Dia, dan kamu hendak melihat Anak Manusia duduk di sebelah kanan Yang Mahakuasa dan masuk di tengah-tengah awan-awan di langit."
Di dalam penjara Yohanes mendengar tentang mata pencaharian Kristus, kemudian menyuruh murid-muridnya berwawancara kepada-Nya: "Engkaukah yang hendak masuk itu atau haruskah kami menantikan orang lain?"

Yesus menjawab mereka: "Pergilah dan katakanlah kepada Yohanes apa yang kamu dengar dan kamu lihat: orang buta melihat, orang lumpuh berjalan, orang kusta menjadi tahir, orang tuli mendengar, orang mati dibangkitkan dan kepada orang miskin diberitakan kabar baik. Dan berbahagialah orang yang tidak menjadi kecewa dan mendorong Aku."

Kesaksian sehabis kebangkitan Yesus

Sehabis kematian dan kebangkitan Yesus, Yesus baru saja membuat menjadi dapat dilihat diri kepada keduabelas rasul dan murid-murid yang lain:

Kata-Nya kepada mereka: "Ada tertulis demikian: Mesias wajib menderita dan bangkit dari selang orang mati pada hari yang ketiga, dan lagi: dalam nama-Nya berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa wajib disampaikan kepada segala bangsa, mulai dari Yerusalem."

Penggunaan Kristus dalam surat-surat Rasul

Simbol

Simbol Chi-Rho.

Penggunaan simbol "Χ," diturunkan dari huruf Yunani Chi, menjadi inisial Khristós, terutama dalam bahasa Inggris, kerap dijumpai dalam bangun-bangun Χmas (Natal) dan Xtian (Kristen), dan dibedakan dari huruf Latin "X" maupun dari simbol silang.[9]

Kristogram yang paling awal yaitu simbol Chi Rho yang dibuat dari dua huruf Yunani "Χ" dan "ρ" untuk menghasilkan simbol .[10]

Lihat pula

Sumber acuan

  1. ^ God's human face: the Christ-icon by Christoph Schoenborn 1994 ISBN 0-89870-514-2 page 154
  2. ^ Sinai and the Monastery of St. Catherine by John Galey 1986 ISBN 977-424-118-5 page 92
  3. ^ Jesus of history, Christ of faith by Thomas Zanzig 2000 ISBN 0-88489-530-0 page 33
  4. ^ Kekeliruan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Pannenberg
  5. ^ "Etymology Online: Christ". Etymonline.com. Diakses November 19, 2010. 
  6. ^ The nine questions people ask about Judaism by Dennis Prager, Joseph Telushkin 1981 ISBN 0-671-42593-5 page 87
  7. ^ Christology: A Biblical, Historical, and Systematic Study of Jesus by Gerald O'Collins 2009 ISBN 0-19-955787-X pages 1-3
  8. ^ Yohanes 9:1-41
  9. ^ "X". Oxford English Dictionary. Oxford University Press. 2nd ed. 1989.
  10. ^ Symbols of the Christian faith by Alva William Steffler 2002 ISBN 0-8028-4676-9 page 66


Asal :
m.andrafarm.com, pasar.kuliah-karyawan.com, wiki.edunitas.com, id.wikipedia.org, dsb-nya.