Herbert Marcuse

Herbert Marcuse
EraFilsuf masa abad ke-20
TradisiMazhab Frankfurt, Teori Kritis
Minat utamaTeori Sosial, Marxisme

Herbert Marcuse (lahir di Berlin, Jerman, 19 Juli 1898 – meninggal di Starnberg, 29 Juli 1979 pada umur 81 tahun) yaitu seorang filsuf Jerman-Yahudi, teoretikus politik dan sosiolog, dan anggota Frankfurt School. Dikenal sebagai "Bapak gerakan Kiri Baru", karya paling patut yang dikenal yaitu Eros and Civilization, One-Dimensional Man, dan The Aesthetic Dimension. Marcuse yaitu intelektual yang memberi pengaruh besar pada gerakan Kiri Baru dan gerakan mahasiswa pada tahun 1960-an.

Pada awal mulanya

Herbert Marcuse lahir di Berlin dari pasangan Carl Marcuse dan Gerturd Kreslawsky dan dibesarkan dalam sebuah keluarga Yahudi. Pada 1916 beliau menjalani harus militer bersama Tingkatan Bersenjata Jerman, namun hanya bekerja di kandang kuda di Berlin selama Perang Alam I. Beliau kemudian dibuat menjadi anggota Dewan Prajurit yang berpartisipasi dalam menggagalkan pemberontakan sosialis Spartakis. Beliau mendudukkan tesis Ph.D-nya di Universitas Freiburg pada 1922 di Künstlerroman Jerman setelah beliau kembali ke Berlin, di mana beliau bekerja di penerbitan. Pada 1924 beliau menikahi Sophie Wertheim, seorang matematikawan. Beliau kembali ke Freiburg pada 1928 untuk meneliti bersama Edmund Husserl dan menulis Habilitation dengan Martin Heidegger, yang kemudian diterbitkan pada 1932 dengan judul Hegel's Ontology and Theory of Historicity. Penelitian ini ditulis dengan konteks renaisans Hegel yang dibuat menjadi di Eropa dengan penekanan pada ontologi hidup dan sejarahnya Hegel, teori idealis roh dan dialektika. Dengan karir yang terhambat oleh bergeraknya Third Reich, pada 1933 Marcuse bergabung dengan Frankfurt Institute for Social Research.

Pada 1933, Marcuse mempublikasikan ulasan utama pertamanya dari tulisan Marx yang berjudul Economic and Philosophical Manuscripts of 1844. Pada ulasan ini Marcuse merevisi interpretasi atas Marxisme, dari sudut pandang karya awal Marx. Ulasan ini membantu alam memandang Marcuse sebagai seseorang yang mulai dibuat menjadi teoretikus paling menjanjikan pada generasinya.

Ketika dibuat menjadi anggota Institute of Societal Research, Marcuse mengembangkan sebuah model teori sosial kritis, membuat sebuah teori tahap baru negara dan monopoli kapitalisme, menerangkan relasi sela filsafat, teori sosial, dan kritisisme kultural, dan menyediakan analisis dan kritik atas fasisme Jerman. Marcuse bekerja begitu tidak jauh dengan teoretikus kritis ketika tidak kekurangan di Institut.

Marcuse dan Amerika Serikat

Setelah beremigrasi dari Jerman pada 1933, tahun 1934 Marcuse bermimigrasi ke Amerika Serikat, di mana beliau dibuat menjadi warganegara pada 1940. Meskipun beliau tak pernah kembali ke Jerman untuk menetap, beliau tetap dibuat menjadi teoretikus utama yang diasosiasikan dengan Mazhab Frakfurt, bersama dengan Max Horkheimer dan Theodor W. Adorno (di sela yang lainnya). Pada 1940 beliau mempublikasikan Reason and Revolution, sebuah karya dialektik yang meneliti Georg W. F. Hegel dan Karl Marx.

Selama Perang Alam II Marcuse pertama-tama bekerja untuk U.S. Office of War Information (OWI) mengenai proyek anti-Nazi propaganda. Pada 1943 beliau ditransfer ke Office of Strategic Services (OSS), lembaga pelopor Central Intelligence Agency. Pekerjaannya untuk OSS melibatkan penelitian mengenai Nazi Jerman dan denazifikasi. Setelah penghentian OSS pada 1945, Marcuse dipekerjakan oleh Departemen Dalam Negeri Amerika Serikat sebagai kepala seksi Eropa Tengah, dan pensiun setelah kematian istri pertamanya di 1951.

Pada tahun 1952 beliau memulai karir pengajar sebagai teoretikus politik, pertama di Columbia University, kemudian di Harvard University, kemudian di Brandeis University dari tahun 1958 hingga 1965, di mana beliau mengajar filsafat dan politik, dan yang kemudian sekalinya (saat itu beliau telah melampaui usia pensiun yang seharusnya), mengajar di University of California, di San Diego. Marcuse yaitu kenalan dan kolaborator sosiolog politik Barrington Moore, Jr. juga filsuf politik Robert Paul Wolff, dan juga kenalan dari profesor sosiologi Columbia University C. Wright Mills, salah satu pencetus gerakan New Left.

Pasca perang

Pada periode pasca perang, Marcuse yaitu salah satu yang secara eksplisit paling politis dan kiri di sela anggota Mazhab Frankfurt yang pautan, terus menerus mengidentifikasi dirinya sebagai Marxis, sosialis, dan seorang Hegelian.

Kritik Marcuse atas masyarakat kapitalis (khususnya sintesisnya terhadap Marx dan Freud pada 1955, Eros and Civilization, dan bukunya pada 1964 One-Dimensional Man) beresonansi dengan kepentingan gerakan mahasiswa pada 1960-an. Karena kesediaannya untuk bercakap pada protes mahasiswa, Marcuse segera dikenal sebagai "bapak dari Kiri Baru di Amerika Serikat", sebuah sebutan yang sangat tidak beliau sukai dan ingkari. Karya-karyanya sangat memengaruhi diskursus intelektual pada adat popular dan kajian akademik adat popular. Beliau mendapat jumlah permintaan ceramah di AS dan Eropa di yang kemudian sekali 1960-an dan 1970-an. Beliau dibuat menjadi kenalan tidak jauh dan inspirator dari filsuf Perancis André Gorz.

Marcuse mengkritik penahanan pemberontak Jerman Timur Rudolf Bahro (pengarang Die Alternative: Zur Kritik des real existierenden Sozialismus [terj., The Alternative in Eastern Europe]), dengan mendiskusikan teori Bahro tentang "perubahan dari dalam" pada esainya di tahun 1979.

Kiri Baru dan Politik Radikal

Jumlah sarjana radikal dan aktivis yang terpengaruh oleh Marcuse, seperti Angela Davis, Abbie Hoffman, Rudi Dutschke, dan Robert M. Young. Di sela mereka yang mengkritik Marcuse dari sayap kiri yaitu Marxis-humanis Raya Dunayevskaya, dan emigran Jerman Paul Mattick, keduanya mengetengahkan One-Dimensional Man pada kritik Marxis. Esai tahun 1965-nya yang berjudul Repressive Tolerance, di mana beliau mengklaim demokrasi kapitalis dapat mengandung bidang totalitarian, dikritik kaum konservatif. Marcuse saling berargumentasi bahwa toleransi orisinil tidak mentolerir dukungan bagi penindasan, karena dengan menjalankannya suara kaum marginal tetap tidak hendak terdengar. Dia mengkarakteristikkan toleransi bagi pidato represif sebagai "tidak orisinil". Sebaliknya, Marcuse mendukung toleransi ada struktur diskriminatif yang tidak membolehkan suatu intoleransi "represif" untuk disuarakan. Marcuse kemudian mengekspresikan argumen radikalnya melintas tiga buah tulisannya. Beliau menulis An Essay on Liberation pada 1969 untuk merayakan gerakan pembebasan seperti yang dibuat menjadi di Vietkong, yang menginspirasi jumlah kaum radikal. Beliau juga menulis Counterrevolution by Revolt pada 1972 tentang harapan generasi 60-an yang sedang menghadapi kontra revolusi.

Setelah Brandeis tidak menerima perpanjangan kontrak mengajarnya di 1965, Marcuse mendedikasikan sisa waktunya mempublikasikan artikel dan memberi kuliah dan saran pada kaum radikal di beragam belahan alam. Usahanya menarik perhatian media, menyorot ceramah-ceramah dan karyanya yang ada pengaruh. Beliau melanjutkan mempromosikan Teori Marxian dan sosialisme libertarian sementara murid-muridnya membantu dengan menyebarkan gagasan-gagasannya. Beliau mempublikasikan karya penghabisannya The Aesthetic Dimension pada 1979 yang bercakap tentang emansipasi dan perlunya sebuah revolusi adat.

Pernikahan dan Kematian

Marcuse menikah tiga kali. Istri pertamanya seorang matematikawan Sophie Wertman (1901-1951), yang darinya beliau mendapatkan seorang anak lelaki, Peter (lahir 1928). Pernikahan kedua Herbert yaitu pada Inge Neumann (1913?-1972), janda dari kenalan tidak jauhnya Franz Neumann (1900-1954). Istri ketiganya yaitu Erica Sherover (1938-1988), bekas murid pasca sarjananya dan empat puluh tahun lebih muda, yang beliau nikahi pada 1976. Putranya Peter kala ini yaitu profesor emeritus Perencanaan Kota di Columbia University.

Sepuluh hari setelah ulang tahunnya yang ke-81, Marcuse meninggal pada 29 Juli 1979, setelah menderita stroke selama kunjungan ke Jerman. Beliau baru berhenti memberikan ceramah di Römerberggespräche Frankfurt, dan dalam perjalanan menuju Max-Plank-Institue for the Scientific-Technical World di Starnberg, yang diundang oleh teoretikus generasi kedua Mazhab Frankfurt, Jürgen Habermas. Pada 2003, setelah sisa dari pembakarannya diambil dari Amerika Serikat, beliau dimakamkan di pemakaman Dorotheenstädtischer di Berlin.

Marcuse dan Marx

Pandangan Marcuse terhadap kapitalisme dapat ditelusuri akarnya ke salah satu pemikiran utama Karl Marx: Objektifikasi. Marx percaya bahwa kapitalisme mengeksploitasi manusia; dan apa yang para buruh lakukan sejatinya yaitu babak mendehumanisasi diri mereka dibuat menjadi objek fungsional. Marcuse mengambil pandangan ini dan mengembangkannya. Beliau percaya kapitalisme dan industrialisasi menekan kaum buruh begitu kuat, hingga kaum buruh mulai melihat diri mereka sendiri sebagai objek yang mereka produksi. Pada One-Dimensional Man beliau menerangkan, "Rakyat mengenali diri mereka sendiri di dalam komoditas-komoditas; mereka menemukan jiwa mereka di dalam otomobil mereka," yang berarti kapitalisme mendegradasi manusia hingga dibuat menjadi komoditas-komoditas yang mereka ciptakan, memberikan komoditas sifat penting yang lebih dari aku.

Pemikiran Kunci dan Kontribusi

  • Teori Kritis
  • Prespektif filosofis atas dominasi dan pembebasan
  • Kritisisme Kebudayaan
  • Teori radikal
  • Hubungan sela teknologi, ekonomi dan adat
  • Hubungan sela filsafat dan teori sosial
  • Kritik kapitalisme
  • Kritik atas Marxisme Soviet

Karya Penting

  • Reason and Revolusion (1941)
  • Eros and Civilization (1955)
  • One-Dimensional Man (1964)

Bibliografi

  • The Struggle Against Liberalism in the Totalitarian View of the State (1934)
  • Reason and Revolution (1941)
  • Eros and Civilization (1955)
  • Soviet Marxism: A Critical Analysis (1958)
  • One-Dimensional Man (1964)
  • Repressive Tolerance (1965)
  • Negations (1968)
  • An Essay on Liberation (1969)
  • Counter-Revolution and Revolt (1972)
  • Studies in Critical Philosophy (1973)
  • On the Problem of the Dialectic. Telos (1976). New York: Telos Press.
  • The Aesthetic Dimension (1978)


Asal :
ensiklopedia.web.id, pasar.gilland-group.com, wiki.edunitas.com, id.wikipedia.org, dsb.