Kristus

Anggota dari seri tentang
Yesus Kristus

Title jesus.jpg

Nama dan julukan
YesusKristusMesiasIsa AlmasihJuruselamat

Yesus Kristus dan Kekristenan
KronologiKelahiranSilsilah
PembaptisanPelayananMukjizat
PerumpamaanPerjamuan Paling belakangPenangkapan
PengadilanPenyalibanKematian
PenguburanKebangkitanKenaikan
Kemunculan keduaPenghakiman

Nasihat utama Yesus Kristus
MesiasKotbah di Bukit
Doa Bapa KamiHukum Kasih
Perjamuan MalamAmanat Luhur

Pandangan terhadap Yesus
Pandangan Kristen
Pandangan Islam
Pandangan Yahudi
Yesus dalam sejarah
Yesus dalam karya seni

The oldest known icon of Christ Pantocrator - Saint Catherine's Monastery. The two different facial expressions on either side emphasize Christ's dual nature as both divine and human.[1][2]

Kristus (bahasa Yunani Kuno: Χριστός, Khristós, berarti 'yang diurapi') adalah terjemahan untuk bahasa Ibrani מָשִׁיחַ (Māšîaḥ), Mesias, dan dipakai sebagai gelar untuk Yesus di dalam Akad Baru.[3]

Pengikut Yesus disebut sebagai orang Kristen (dari ujar sifat bahasa Belanda Christen, pengikut Kristus) pertama kalinya di dalam Kisah 11:26, karena mereka percaya bahwa Yesus adalah sang Mesias yang dinubuatkan di dalam Alkitab Ibrani – oleh sebab itu pengikut Yesus menyebut Yesus sebagai Yesus Kristus, yang berarti Yesus, "sang Khristós", berarti "Yesus, Yang Diurapi".[4] Dalam pemakaian umum – bahkan di kalangan sekuler – "Kristus" biasanya disinonimkan dengan Yesus orang Nazaret.[5]

Oleh biasanya orang Yahudi (Yesus sendiri adalah seorang rabi Yahudi), Yesus tidak dianggap sebagai Mesias mereka.[6] Bahkan Injil Kanonikal mencatat tentang sebagian peristiwa Penolakan atas Yesus. Walaupun dmeikian orang-orang Kristen Nicea menunggu Kemunculan Kedua Yesus Kristus yang akan menggenapi sisa nubuatan Mesias Kristen.

Segi teologi Kristen yang mempelajari tentang natur dan kehidupan Yesus Kristus disebut sebagai Kristologi, seperti yang tercatat dalam keempat Injil dan surat-surat di dalam Akad Baru.[7]

Etimologi

Ujar Kristus berasal dari bahasa Yunani "Christos" (Χριστός) yang berarti "yang diurapi", berarti dituangi minyak di kepalanya. Pengurapan biasa diterapkan di kalangan bangsa Israel sebagai tanda bahwa orang yang diurapi itu menemukan jabatan atau jabatan khusus. Misalnya, Saul dan Daud masing-masing diurapi dibuat sebagai raja Israel oleh Samuel (1 Samuel 10:1, 16:13).

Kristus adalah salah satu gelar yang diberikan kepada Yesus, karena orang Kristen perdana percaya bahwa Yesus adalah sang Juru Selamat (Mesias) yang dijanjikan sejak masa Akad Lama.

Dalam versi-versi Alkitab bahasa Indonesia, istilah Christos sudah menjalani diterjemahkan menjadi: Almaseh (BABA); Almasih (KL1870, SB); Elmesehh (LDKR); Kristoes (KL1863), dan Kristus (TB, BIS, TL, FAYH, WBTC, ENDE). Padahal ujar Messias sudah menjalani diterjemahkan dibuat sebagai al-Masih (KL1863); Almasih (KL1870); Djoeroe-Slamat (KL1863); Elmesehh (LDKR); Masehi (SB); Masiha (BABA); Mesias (TB, BIS, FAYH, WBTC, ENDE); Messias (TL); dan Raja Penyelamat (BIS).

Penggunaan Kristus dalam keempat Injil

Pada waktu itu orang Yahudi mengenal Yesus diberi julukan Kristus, tapi mereka tidak mempercayainya dan bahkan mengolok-olok Yesus:

Lalu mereka meludahi muka-Nya dan meninju-Nya; orang-orang lain memukul Dia, dan berkata: "Cobalah katakan kepada kami, hai Mesias, siapakah yang memukul Engkau?"
Demikian juga imam-imam kepala bersama-sama pandai Taurat mengolok-olokkan Ia di antara mereka sendiri dan mereka berkata: "Orang lain Ia selamatkan, tetapi diri-Nya sendiri tidak bisa Ia selamatkan! Baiklah Mesias, Raja Israel itu, turun dari salib itu, supaya kami lihat dan percaya." Bahkan kedua orang yang disalibkan bersama-sama dengan Ia mencela Ia juga.

Yesus yang disebut Kristus

Matius, dalam genealogi Yesus, menyebut bahwa Yesus inilah yang disebut Kristus

Yakub memperanakkan Yusuf suami Maria, yang melahirkan Yesus yang disebut Kristus

Tidak selamanya Yohanes menyuratkan bahwa Kristus berasal dari keturunan Daud dan dilahirkan di Betlehem

Karena Kitab Suci mengisahkan, bahwa Mesias berasal dari keturunan Daud dan dari kampung Betlehem, tempat Daud dahulu tinggal." (Isa anak Maryam dilahirkan di kampung Betlehem)

Pengakuan murid-murid Yesus

Ketika Andreas bertemu dengan Simon Petrus, ia menyampaikan bahwa ia telah menemukan Kristus.

Andreas mula-mula bertemu dengan Simon, saudaranya, dan ia bercakap kepadanya: "Kami telah menemukan Mesias (artinya: Kristus)."

Petrus, mewakili keduabelas rasul, mengakui bahwa Yesus adalah Kristus

Yesus berdiskusi kepada mereka: "Menurut kamu, siapakah Diri sendiri ini?" Jawab Petrus: "Mesias dari Allah."

Lain daripada keduabelas rasul, pengikut Yesus yang lain juga mengakui bahwa Yesus adalah Kristus

Jawab Marta: "Ya, Tuhan, diri sendiri percaya, bahwa Engkaulah Mesias, Anak Allah, Ia yang akan datang ke dalam dunia."

Orangtua orang buta yang matanya disembuhkan oleh Yesus takut mengakui bahwa Yesus adalah Kristus karena ancaman orang-orang Yahudi

Orang tuanya bercakap demikian[8], karena mereka takut kepada orang-orang Yahudi, sebab orang-orang Yahudi itu telah sepakat bahwa setiap orang yang mengaku Ia sebagai Mesias, akan dikucilkan.

Pengakuan lain

Pemberitaan para malaikat tentang kelahiran Yesus kepada para gembala

Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, adalah Kristus, Tuhan, di kota Daud.

Tidak persangkaan orang yang bertanya-tanya satu sama lain apakah Yesus benar-benar Kristus

Dan lihatlah, Ia bercakap dengan leluasa dan mereka tidak mengisahkan apa-apa kepada-Nya. Mana boleh pemimpin kami benar-benar sudah tahu, bahwa Ia adalah Kristus?
Tetapi di antara orang jumlah itu sah jumlah yang percaya kepada-Nya dan mereka berkata: "Apabila Kristus datang, mana boleh Ia akan mengadakan bertambah jumlah mujizat dari pada yang telah diselenggarakan oleh Ia ini?"

Ketika Yesus mengusir setan-setan, mereka keluar sambil mengaku bahwa Yesus adalah Kristus.

Dari jumlah orang keluar juga setan-setan sambil berteriak: "Engkau adalah Anak Allah." Lalu Ia dengan keras melarang mereka dan tidak memperbolehkan mereka bercakap, karena mereka tahu bahwa Ia adalah Mesias.

Kesaksian Yesus tentang diri sendiri

Dalam sebagian peluang, Yesus mengaku sebagai Kristus, dan satu kali ia menyebut dirinya sendiri dengan frasa "Yesus Kristus"

Jawab perempuan itu kepada-Nya: "Diri sendiri tahu, bahwa Mesias akan datang, yang disebut juga Kristus; apabila Ia datang, Ia akan memberitakan segala sesuatu kepada kami." Ujar Yesus kepadanya: "Akulah Dia, yang masih bercakap-cakap dengan engkau."
Inilah hidup yang abadi itu, adalah bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang sah, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus.
Di situ mereka mulai menuduh Dia, katanya: "Telah kedapatan oleh kami, bahwa orang ini menyesatkan bangsa kami, dan melarang membayar pajak kepada Kaisar, dan tentang diri-Nya Ia mengisahkan, bahwa Ia adalah Kristus, adalah Raja."
Tetapi Ia tetap diam dan tidak menjawab apa-apa. Imam Luhur itu berdiskusi kepada-Nya sekali kembali, katanya: "Apakah Engkau Mesias, Anak dari Yang Terpuji?"
Jawab Yesus: "Akulah Dia, dan kamu akan melihat dan memperhatikan Anak Manusia duduk di sebelah kanan Yang Mahakuasa dan datang di tengah-tengah awan-awan di langit."
Di dalam penjara Yohanes mendengar tentang pekerjaan Kristus, lalu menyuruh murid-muridnya berdiskusi kepada-Nya: "Engkaukah yang akan datang itu atau haruskah kami menantikan orang lain?"

Yesus menjawab mereka: "Pergilah dan katakanlah kepada Yohanes apa yang kamu dengar dan kamu lihat: orang buta melihat dan memperhatikan, orang lumpuh berjalan, orang kusta dibuat sebagai tahir, orang tuli mendengar, orang mati dibangkitkan dan kepada orang miskin diberitakan kabar adun. Dan berbahagialah orang yang tidak dibuat sebagai kecewa dan tidak menerima Aku."

Kesaksian setelah kebangkitan Yesus

Setelah kematian dan kebangkitan Yesus, Yesus masih menampakkan diri kepada keduabelas rasul dan murid-murid yang lain:

Kata-Nya kepada mereka: "Sah tertulis demikian: Mesias harus menderita dan melakukan usaha dari antara orang mati pada hari yang ketiga, dan lagi: dalam nama-Nya berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan kepada segala bangsa, mulai dari Yerusalem."

Penggunaan Kristus dalam surat-surat Rasul

Simbol

Simbol Chi-Rho.

Penggunaan simbol "Χ," dikurangi dari huruf Yunani Chi, sebagai inisial Khristós, terutama dalam bahasa Inggris, kerap dijumpai dalam bentuk Χmas (Natal) dan Xtian (Kristen), dan dibedakan dari huruf Latin "X" maupun dari simbol silang.[9]

Kristogram yang paling permulaan adalah simbol Chi Rho yang dibuat bentuk dari dua huruf Yunani "Χ" dan "ρ" untuk menghasilkan simbol .[10]

Lihat pula

Acuan

  1. ^ God's human face: the Christ-icon by Christoph Schoenborn 1994 ISBN 0-89870-514-2 page 154
  2. ^ Sinai and the Monastery of St. Catherine by John Galey 1986 ISBN 977-424-118-5 page 92
  3. ^ Jesus of history, Christ of faith by Thomas Zanzig 2000 ISBN 0-88489-530-0 page 33
  4. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Pannenberg
  5. ^ "Etymology Online: Christ". Etymonline.com. Diakses November 19, 2010. 
  6. ^ The nine questions people ask about Judaism by Dennis Prager, Joseph Telushkin 1981 ISBN 0-671-42593-5 page 87
  7. ^ Christology: A Biblical, Historical, and Systematic Study of Jesus by Gerald O'Collins 2009 ISBN 0-19-955787-X pages 1-3
  8. ^ Yohanes 9:1-41
  9. ^ "X". Oxford English Dictionary. Oxford University Press. 2nd ed. 1989.
  10. ^ Symbols of the Christian faith by Alva William Steffler 2002 ISBN 0-8028-4676-9 page 66


Sumber :
id.wikipedia.org, andrafarm.com, pasar.kpt.co.id, wiki.edunitas.com, dan sebagainya.