Game Zone

Game Zone
FormatKuis
Pembawa acaraTamara Geraldine
Alex Abbad (2002-2004)
Irfan Hakim (2004-2006)
Negara Indonesia
Jumlah episode221
Produksi
Durasi60 menit (dengan iklan)
Rumah produksiIntegrated Broadcast Solution
Siaran
Saluran asliTPI
Penayangan awal5 Januari 2002 – 25 Maret 2006
Kronologi
Dilanjutkan olehSuper Game (ANTV, 2010-2011)

Game Zone yaitu salah satu kuis Indonesia yang ditayangkan di TPI (sekarang MNCTV) sejak tanggal 5 Januari 2002 sampai 25 Maret 2006, tiap Sabtu pukul 19:30-20:30 WIB. Dalam cara ini, 6 kontestan akan bergantian adu kecepatan, ketepatan, dan kecermatan, dengan hadiah utama berupa uang tunai Rp14.000.000,00. Kuis ini dibawakan oleh Tamara Geraldine dan Alex Abbad yang kesudahan dialihkan oleh Irfan Hakim.
Sejak tanggal 27 Desember 2010 sampai 3 Mei 2011, kuis ini bereinkarnasi dibuat menjadi Super Game yang ditayangkan di Antv.

Aturan permainan

Modal awal untuk tiap kontestan yaitu 10 poin.

Apache

Di bagian Apache, ke-6 kontestan akan bergantian memperagakan istilah petunjuk; sehabis dibuat menjadi pemeraga, kontestan akan dibuat menjadi penjawab. Kontestan penjawab harus dapat menebak istilah petunjuk yang tertulis pada helm yang dipakaikan di kepala kontestan penjawab. Waktu yang dipersiapkan hanya 15 detik tiap istilah petunjuk. Ada 10 pilihan istilah petunjuk. Lebih banyak istilah penunjuk yang tertebak, lebih mudah pula ke-6 kontestan menebak penggalan syair sebuah lagu. Waktu yang dipersiapkan kepada ke-6 kontestan untuk berunding menebak penggalan syair lagu tersebut yaitu 30 detik.
Jika istilah petunjuk tertebak, pemeraga dan penjawabnya akan mendapat tambahan 1 poin. Jika penggalan syair lagu tertebak berlaku, tiap kontestan akan mendapat tambahan 5 poin lagi.

Tebak Gaya

Di bagian tebak gaya, ke-6 kontestan akan dipandukan video klip suatu lagu yang memiliki aksi tari dan diperagakan di lantai dansa. Video klip akan diperagakan 2 kali, penayangan pertama hanya dilihat dan diperhatikan saja, dan penayangan ke-2 diperagakan. Kontestan yang aksinya paling mirip dengan aksi tari di video klip akan menempati kedudukan terdepan, berhak menentukan kategori, dan mendapat poin ekstra sebanyak 1 poin.
Selanjutnya, kontestan terdepan akan menentukan 1 dari 10 kategori yang ada, sehabis pintu pembatas antarkontestan ditutup. Kemudian, kontestan terdepan akan memperagakan sesuatu yang terdapat dalam kategori pilihannya tersebut kepada kontestan ke-2 tidak selamanya pintu pembatas I terbuka. Ketika pintu pembatas I ditutup, pintu pembatas II akan terbuka, dan kontestan ke-2 memperagakan sesuatu yang diperagakan kontestan terdepan. Pintu II ditutup, pintu III terbuka, sampai pintu IV ditutup, dan pintu V terbuka. Sehabis pintu pembatas V ditutup, kontestan terakhir akan diberikan petunjuk kesudahan berupa jumlah istilah dari sesuatu yang diperagakan tersebut. Waktu berpikir untuk menebak sesuatu yang dimaksud yaitu 10 detik. Jika kontestan ke-6 berhasil menebaknya dengan tepat, maka semua kontestan mendapat poin ekstra sebanyak 5 poin. Jika kontestan ke-5 berhasil menebaknya dengan tepat, maka kontestan terdepan sampai ke-5 mendapat poin ekstra sebanyak 4 poin. Demikian seterusnya, jika kontestan ke-2 berhasil menebaknya dengan tepat, maka kontestan terdepan sampai ke-2 mendapat poin ekstra sebanyak 1 poin. Sebaliknya, jika tidak ada satupun dari kontestan ke-2 sampai ke-6 yang dapat menebaknya dengan tepat, semua kontestan tidak mendapat poin ekstra dari peragaan gaya.
Selanjutnya, permainan lantai dansa diperagakan kembali sampai kategori ke-3.

Tebak Bibir

Di bagian tebak bibir, ke-6 kontestan akan sah pemain pesan berantai. Ada 10 pilihan penggalan syair lagu. Peraturan permainan sesuai dengan bagian sebelumnya, tetapi dimankan di dalam ruangan mempunyai nyata silinder transparan berpintu, dan semua kontestan harus memakai headphone. Jika kontestan terakhir dapat menyanyikan kembali penggalan syair lagu tersebut dengan berlaku, semua kontestan akan menemukan poin ekstra sebanyak 3 poin. Sebaliknya, jika kontestan terakhir tidak dapat menyanyikan kembali penggalan syair lagu tersebut dengan berlaku, maka kontestan "pengacau/biang kerok" akan diturunkan perolehan poinnya sebanyak 1 poin, dan kontestan pautannya yang dibuat menjadi korban dari kealpaan kontestan "pengacau/biang kerok" itu tidak akan berubah perolehan poinnya. Hanya 4 dari 10 pilihan penggalan syair lagu yang akan diperagakan.
Sehabis bagian tebak bibir berhenti, skor kesudahan ke-6 kontestan akan diumumkan. Kontestan dengan skor terbesar akan masuk bagian bonus. Jika ada 2 atau lebih kontestan memperoleh skor terbesar, maka akan dipersiapkan bagian tie break, yaitu dengan mengambil undian angka 1-9 yang tertutup. Kontestan dengan angka terbesar berhak masuk ke bagian bonus.

Bagian Bonus

Bagian bonus hanya diperagakan oleh kontestan pemenang. Di bagian ini, kontestan pemenang akan menentukan 3 dari 10 nomor. Tujuh dari 10 nomor tersebut berisi simbol bom di dalamnya dan 3 nomor sisanya berisi simbol Rp. Tiga nomor pilihan harus berisi simbol Rp untuk memenangi hadiah bonus Rp10.000.000,00, sehingga total hadiah yang diperoleh kontestan pemenang yaitu Rp14.000.000,00. Jika ada nomor pilihan kontestan pemenang berisi simbol bom, maka kontestan pemenang tidak berhak memenangi hadiah bonus Rp10.000.000,00.

Perolehan hadiah

  • Rp2.000.000,00 masing-masing untuk 5 kontestan yang kalah
  • Rp4.000.000,00 untuk kontestan pemenang dan kalah di bagian bonus
  • Rp14.000.000,00 untuk kontestan pemenang dan menang di bagian bonus


Asal :
wiki.edunitas.com, id.wikipedia.org, informasi.web.id, pasar.kelas-karyawan.co.id, dan sebagainya.