Shiritori

Shiritori (しりとり atau 尻取り?, definisi harfiah: mengambil bagian belakang) yaitu permainan istilah bahasa Jepang yang pemainnya secara bergiliran mengucapkan istilah (nomina) yang dimulai dari kana (mora) terakhir dari istilah yang dikatakan pemain sebelumnya. Permainan segala usia ini diperagakan oleh dua orang atau lebih.

Pemain dinyatakan kalah jikalau mengucapkan istilah yang berkesudahan dengan n, seperti: kirin, raion, atau mikan. Pemain berikutnya tidak dapat melanjutkan karena kosa istilah bahasa Jepang tidak benar yang dimulai dengan konsonan nasal n.

Contoh: ringo りんgorira ゴリrappa らっpanda パンdachou だちょushi (sapi) → shika (rusa) → karasu からsuzume スズmedamayaki めだまやkirin きり.
Pemain yang mengucapkan "kirin" dinyatakan kalah.

Meskipun peraturan permainan ini pada prinsipnya sederhana, peraturan permainan dapat dibuat dijadikan lebih terinci oleh kelompok orang yang memperagakannya. Penafsiran mengenai mora terakhir dari sebuah istilah juga dapat berbeda-beda.[1]

Peraturan landasan

Peraturan lokal

  • Istilah yang dikatakan dibatasi hanya pada topik tertentu, misalnya: nama bunga, nama binatang, nama stasiun kereta api, nama kota, atau nama negara.
  • Pemain kalah bila tidak dapat menemukan istilah untuk dikatakan sehabis waktu yang diberikan bubar.
  • Nomina majemuk (frasa) yang dibentuk dengan bantuan to (.... と ... .) atau no (.... の ... .) tidak dipakai, kecuali telah dijadikan kosakata kamus:[1]
sakura no ki (pohon sakura) tidak boleh dipakai, namun kodomo no hi (Hari Anak-Anak) atau nama hari libur pautannya boleh dipakai.
sutoobu ストーブ dapat dimasuki dengan buranko ブランコ atau furuutsu フルーツ atau puuru プール.
  • Istilah yang berkesudahan dengan di ぢ dan du づ masing-masing dapat diwakili dengan ji じ dan zu ず, misalnya: hanadi はなぢ 鼻血 (mimisan) dilanjutkan dengan jigoku じごく 地獄 (neraka).
  • Permainan dimulai kembali dengan tidak menyertakan pemain yang kalah.

Strategi

Pemain dapat mencecar pemain berikutnya dengan mengucapkan kata-kata berkesudahan nu (ぬ), ri (り) dan ru (る). Hanya sedikit kata-kata dalam bahasa Jepang yang dimulai dengan ketiga mora tersebut, misalnya:[2]

  • nu ぬ: numa ぬま (rawa), nushi ぬし (tuan), nuno ぬの (kain), nugaa ヌガー (nougat), nuigurumi ぬいぐるみ (boneka kain)
  • ri (り): riku りく (darat), ringo りんご (apel), ryoushi りょうし (nelayan), rindou りんどう (jalan setapak), ryouri りょうり (masakan)
  • ru (る): rusu るす (absen), rubii ルビー (mirah), ruukii ルーキー (rookie), ruuretto ルーレット (roulette).

Sumber acuan

  1. ^ a b c Shinohara, Kazuko. "Designing Language Games". Special Issue of Japanese Society for the Science of Design 16–2 (62). Diakses 7 October 2012. 
  2. ^ "しりとりで勝ためのコツ". 100tenmaru. Ichishin. Diakses 2012-10-12. 


Sumber :
wiki.edunitas.com, id.wikipedia.org, informasi.web.id, pasar.kelas-karyawan.co.id, dan sebagainya.