Gabriel Fauré

Lukisan cat minyak Gabriel Fauré oleh John Singer Sargent, sekitar 1889 (Museum Musik Paris)

Gabriel Urbain Fauré (12 Mei 1845[1] – 4 November 1924) yaitu seorang komponis, organis, pianis, dan guru Perancis. Dia yaitu komponis Perancis paling terkemuka dari generasinya. Gaya musiknya memengaruhi banyak komponis ratus tahun ke-20. Bahasa harmoni dan melodinya memengaruhi bagaimana harmoni nantinya diajarkan.

Biografi

Fauré dilahirkan di Pamiers, Ariège, Midi-Pyrénées, dalam keluarga Toussaint-Honoré Fauré dan Marie-Antoinette-Hélène Lalène-Laprade. Dia dikirim untuk tinggal bersama seorang inang pengasuh selama empat tahun. Pada usia 9 tahun dia dikirim untuk berusaha bisa di École Niedermeyer, sebuah sekolah yang mempersiapkan para oganis gereja dan dirigen paduan suara di Paris, dan melanjutkan di sana selama 11 tahun. Dia berusaha bisa dengan beberapa musikus Perancis terkemuka, termasuk Camille Saint-Saëns, yang memperkenalkan kepadanya musik dari sejumlah komponis kontemporer, termasuk Robert Schumann dan Franz Liszt.

Pada 1870, Fauré mendaftarkan diri di dinas ketentaraan dan ikut serta dalam upaya memperkembangkan Pengepungan Paris selama Peperangan Perancis-Prusia. Selama Paris Commune dia tinggal di Rambouillet dan di Swiss. Di sana dia memberi latihan di transported École Niedermeyer. Ketika dia balik ke Paris pada Oktober 1871, dia diangkatkan dijadikan asisten organis di Saint-Sulpice sebagai pengiring paduan suara, dan dijadikan organis tetap di salon Saint-Saëns. Di sana dia berjumpa dengan banyak musikus Paris terkemuka dengan mereka dia berjumpa di sana dan di salon Pauline Viardot dia mewujudkan Société Nationale de Musique. Pada 1874, Fauré berjeda bekerja di Saint-Sulpice dan dan mulai menggantikan Saint-Saëns Église de la Madeleine ketika dia sering tidak hadir. Ketika Saint-Saëns pension pada 1877, Fauré dijadikan pemimpin paduan suara. Pada tahun yang sesuai dia bertunangan dengan Marianne Viardot, anak perempuan Pauline Viardot, tetapi pertunangan itu kemudian diputuskan oleh Marianne. Sesudah kekecewaannya ini, dia pergi ke Weimar. Di sana dia berjumpa dengan Liszt, dan Cologne untuk mengawal produksi Der Ring des Nibelungen karya Richard Wagner. Fauré mengagumi Wagner, tetapi dia, salah seorang dari segelintir komponis saja, tidak terpengaruhi oleh Wagner.

Karya terpilih

  • Après un rêve, Op. 7
  • Cantique de Jean Racine, Op. 11
  • Élégie, Op. 24
  • Requiem in D minor, Op. 48
  • Pavane, Op. 50
  • Dolly, Op. 56, Suite 6-piece untuk piano dengan 4 tangan ("Berceuse", "Mi-a-ou", "Le Jardin de Dolly", "Kitty-Valse", "Tendresse", "Le Pas Espagnol")
  • Pelléas et Mélisande, Op. 80
  • Masques et Bergamasques, Op. 112
  • Messe Basse
  • Prométhée (opera tiga babak: Tragédie lyrique, 1900)
  • Pénélope (opera tiga babak: Poème lyrique, 1913)

Media